Jumat, 20 Agustus 2010

BIBLE vs. SCIENCE - Alkitab itu Ilmiah!

Shalom semua SiCers! Gimana 1 bulan pertama masuk sekolah? Pasti ada yang seneng dan banyak yang minta libur lagi. Admin pun kalau dikasih libur juga mau. Siapa sih yang gak mau? Tapi kita mesti yakin kalau sekolah yang kita tempuh sekarang bakal berguna di masa depan saat kita bakal cari kerja dan menjalani suatu pekerjaan. Jadi tetaplah menyala api semangatmu. Amen?

Ngomong-ngomongin sekolah, di sekolah kita pasti ada mata pelajaran Science. Apalagi fisika yang mungkin beberapa temen-temen anggep sebagai mata pelajaran “keramat” di sekolah. Juga pasti ada mata pelajaran agama/Christian Studies/religion di sekolah kita. Kayaknya kok keduanya bertentangan ya? Bible bilang manusia diciptain dari debu tanah. Science bilang manusia itu hasil dari evolusi organisme selama jutaan tahun. Dari awal aja gak ketemu, gimana bisa nyambung? Begitu kata sebagian orang. Memang nggak salah juga hal itu. Tapi, kalo lantas kita menganggap Bible dan Science bertolak belakang dalam segala hal bahkan musuhan, maka itu juga sama salahnya.

Yang juga sering terjadi adalah muncul dua kubu. Yang satu, bilang kalo Alkitab gak ilmiah soalnya banyak hal gak masuk akal yang ditulis di situ, evolusi itu ilmu pengetahuan, sedang penciptaan itu cuma kepercayaan agama, Alkitab itu menolak Science, dll. Sedangkan kubu yang lain bilang, Alkitab nggak ngurusin Science, penciptaan dan evolusi itu sama-sama agama karena penganutnya juga sama ngototnya, science itu menolak Alkitab, dll. So, mana sih yang benar? Atau dua-duanya salah? Atau dua-duanya benar? Pusing ya? Ayo kita bahas topik ini bersama!

Untuk menjawab hal ini, yang pertama mesti kita pahami adalah bahwa Alkitab itu bukan ensiklopedi ilmu pengetahuan. Tuhan nggak menyuruh para penulis Alkitab menulis sebuah buku sekadar untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar ilmu pengetahuan aja. Urusan hidup jelas lebih dari ilmu pengetahuan kan? Pembahasan Alkitab mencangkup seluruh bidang kehidupan, termasuk di sini adalah ilmu pengetahuan. Nah, apa berarti level Alkitab ada di atas buku-buku Science?

Untuk masalah kebenaran, jawabannya iya. Alkitab udah ada selama ribuan tahun dan terus diakui kebenarannya. Untuk standar ilmiah pun, itu adalah bukti kebenaran Alkitab. Tapi, kalau kita ingin belajar Science, tentu saja nggak cukup hanya dengan modal Alkitab aja. Kita masi tetep butuh para ilmuwan dan pengembangan ilmu secara terus menerus untuk mengetahui betapa kaya dan luar biasanya dunia ciptaan Tuhan ini.

Yang kedua, Alkitab itu ilmiah, bro! Yup, kita harus inget kalo Alkitab tuh udah ditulis ribuan tahun yang lalu. Dan saat ilmu pengetahuan yang dipunyai dunia masi banyak diwarnai oleh hal-hal keliru, Alkitab udah nulis banyak hal seperti soal rotasi bumi (Ay 26:7), bumi itu bulat (Yes 40:22), keanekaragaman bintang (1 Kor 15:41), darah sebagai penunjang utama kehidupan (Im 17:11), sampai tentang adanya alat yang bisa bikin informasi bisa diterima secara global seperti TV atau juga internet (Why 11:9-11). So, nggak bener juga kalo kita bilang Alkitab adalah lawan dari ilmu pengetahuan. Bahkan banyak ilmuwan hebat seperti Isaac Newton, Michael Faraday, Louis Pasteur, dll, mendasari ilmunya dari Bible. Dan hasilnya nyambung juga tuh.

Trus, kenapa ada kesan kalo Alkitab nggak akan bisa nyambung sama Science? Gimana dengan mukjizat laut merah terbelah, air bah, penyembuhan yang dilakukan Yesus, Lazarus dibangkitkan, orang sakit kena bayangan Petrus sembuh, dan tentu saja Yesus yang bangkit dari kematian setelah 3 hari?

Well, bukankah itu alasan kita bilang Tuhan sebagai Maha Kuasa? Banyak orang saat ini meragukan kemahakuasaan Allah, dan mereka menuntut bukti. Padahal segala mukjizat yang tercatat di Alkitab itulah buktinya. Bahwa Science belum nyampe ke situ, itu soal lain kan?

Gimana guys? Uda tau kan kebenarannya? Semoga artikel ini bisa berguna buat kita semua. Tetap semangat dan Tuhan memberkati.
Admin

Sumber: Renungan Harian Spirit Next edisi Juli 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar