Jumat, 08 Januari 2010

Jangan Ketinggalan

Jangan Ketinggalan | Matius 5:14-16

Kamu adalah terang dunia.
Kota yang terletak di atas
gunung yang tidak mungkin
tersembunyi
(Matius 5:14)


Sewaktu KKN dulu, aku kebagian di daerah yang belum ada listriknya. Jadi kalo ada kerjaan malam, yang bisa diandalin cuman lampu senter doang. Nah, karena persediaan batere terbatas, kami putuskan kalo yang pake lampu senter kudu gantian, termasuk kalo pas lagi pergi barengan.

Tapi kadang ada juga temen yang usil. Mumpung dia yang bawa senter, dia sengaja jalan cepet-cepet ninggalin yang ada di belakang ato yang jalannya pelan. Atau ada juga yang usil sengaja matiin senter yang dia bawa sehinnga kami kudu jalan sambil meraba-raba.

Paling enak adalah kalo senter dibawa oleh pemimpin kelompok kami yang nggak usil. Dia pun jalan bareng dan mengarahkan senter ke arah langkah kami.

Dunia ini juga lagi berjalan dalam kegelapan. Dunia jalan dengan arah nggak jelas. Banyak yang dunia berusaha lakukan. Tapi karena ada dalam gelap, maka dengan mudah juga hasil usaha mereka jadi melenceng. Teknologi, seni, sains, atau bahkan kebudayaan banyak yang telah menyimpang.

Kalo baca sejarah, kita tau kalo ilmu atom tuh awalnya bukan ditujukan untuk bikin bom pembunuh, musik gak dipake untuk menghujat, internet gak dipake untuk pornografi, tarian nggak diciptain buat sensualitas. Semua itu adalah milik Tuhan, yang kudunya dipake buat kemuliaan-Nya (Mzm 24:1). Tapi kalo semua hal itu emang milik Tuhan, kenapa dunia kok malah pake itu buat menghujat Dia? Itulah kenyataan yang terjadi di dunia ini.

That's why guys, sebagai terang dunia, kita punya tanggung jawab untuk menerangi dunia. Dunia yang gelap ini memang produktif dan kreatif, tapi sayangnya nggak ngerti arah. Itu karena mereka ada dalam kegelapan. Kita perlu sadar kalo dunia udah jalan terlalu jauh ninggalin Tuhan. Jadi, ini waktunya gereja dan anak Tuhan pakai seni , ilmu pengetahuan, dan teknologi untuk kemuliaan Tuhan.

Anak Tuhan harus lebih cepat berjalan supaya jangan makin ditinggal sama dunia ini, Ingat, kita ini terang dunia, jadi kita punya tugas untuk menerangi dunia. Nggak lucu kan kalo terangnya malah ketinggalan di belakang. Jadi, jangan sampe anak Tuhan justru males dalam belajar, berkreasi, dan berusaha, Justru kita kudu berjalan bersama dengan membawa terang sehingga dunia juga bisa jalan ke arah yang benar. Bisa nggak sih? Pasti bisa!!



Tuhan memberkati!


sumber : Renungan harian Spirit Next
Edisi Januari 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar